Jumat, 19 Februari 2010

Ratusan Benda Cagar Budaya Dipindah ke Museum Daerah

Kudus, CyberNews, 19 Februari 2010 - Pemerintah Kabupaten Kudus benar-benar serius merealisasikan berdirinya rintisan museum daerah yang menempati bekas Kantor Kawedanan Tenggeles di Desa Tenggeles, Kecamatan Jekulo Kudus. Parmeter dari semuanya adalah tampak sejumlah persiapan dilakukan termasuk memindahkan ratusan benda cagar budaya (BCB) kategori bergerak, Jumat (19/2) ke museum daerah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Abdul Hamid melalui Kepala Seksi Sejarah Museum dan Kepurbakalaan Sancaka Dwi Supani kemarin mengatakan, sebagai salah satau bentuk upaya persiapan kami adalah memindahkan BCB kategori bergerak untuk disimpan di museum daerah.

"Kegiatan ini sudah kami lakukan sejak sepekan yang lalu secara bertahap, sebab selain memindahkan kami juga melakukan inventarisir BCB tersebut," katanya. Mengenai jumlah BCB yang rencananya akan disimpan dan dipamerkan di museum tersebut pihaknya menjelaskan sampai saat ini pihaknya belum mengetahuinya secara pasti.

"Untuk jumlahnya kami masih belum bisa memastikannya, namun yang jelas mencapai 100 lebih BCB yang dikumpulkan dari berbagai wilayah di Kabupaten Kudus, mulai dari jaman prasejarah, jaman klasik Hindu-Budha, jaman Islam sampai dengan jaman kolonial Belanda," ujarnya.

Disinggung soal kendala dalam proses persiapan, pihaknya menjelaskan sampai saat ini belum ada hanya saja memang perlu ekstra hati-hati dalam melakukan pemindahan sejumlah BCB tersebut.

"Ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakkan saat disimpan dan dipajang di museum daerah," tandasnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar