Senin, 11 Januari 2010

Situs Trowulan Diharapkan Jadi Cagar Budaya Nasional


MOJOKERTO, Jumat, 6 November 2009 - Situs Trowulan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur diharapkan segera ditetapkan menjadi kawasan cagar budaya nasional. Pasalnya, di lokasi tersebut tersimpan sejarah fisik peninggalan kedigdayaan Kerajaan Majapahit yang pernah mencengkeramkan kekuasaannya di Nusantara.

Salah seorang anggota Perkumpulan Peduli Mojopahit Gotrah Wilwatikta, Anam Anis, Jumat (6/11) mengatakan, hal upaya pengakuan itu akan coba dimulai dengan terlebih dulu menerbitkan rekomendasi para ahli.

Karena itulah, imbuh Anam, Gotrah Wilwatikta bersama Pemerintah Kabupaten Mojokerto berencana akan menggelar Dialog Nasional tentang Situs Ibukota Kerajaan Majapahit dan Pengembangannya sebagai kawasan Cagar Budaya Nasional yang diharapkan bisa menghasilkan rekomendasi seperti diharapkan.

(KOMPAS)

1 komentar:

  1. tidak hanya sebagai cagar budaya tapi juga tetap dilestarikan sbg tempat untuk kegiatan upacara hindu/budha yg sesuai dgn sejarah majapahit yg sangat kental dgn kehinduannya, dimanapun di nusantara ini ada peninggalan hindu wajib kita lestarikan dan dipelihara dgn sebaik2nya,

    BalasHapus