Rabu, 06 Januari 2010

Candi Kuno Ditemukan di Kampus UII Yogyakarta


Candi ditemukan saat pekerja bangunan membuat kolom bangunan perpustakaan.


VIVAnews, 14 Desember 2009 - Bangunan candi yang diperkirakan peninggalan abad VIII sampai abad IX atau masa Kerajaan Mataram Kuno ditemukan di kawasan kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, di Jalan Kaliurang Kilometer 14,5, Sleman, Yogyakarta.

Lokasi penemuan candi merupakan lokasi yang akan dibangun perpustakaan. Pada saat membuat kolom bangunan itulah, para pekerja bangunan menemukan bangunan candi tersebut.

Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian, Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta, Tri Hartono mengatakan pihaknya belum dapat memastikan apakah bangunan candi itu peninggalan agama Hindu atau Budha, karena belum ditemukan arca-arcanya.

"Dilihat dari ukiran pada batu yang memiliki pola padma dan pola pelipis, belum bisa untuk menentukan candi tersebut candi Hindu atau Budha," kata dia , Minggu, 13 Desember 2009

Dilihat dari lokasi, penemuan candi tersebut sangat masuk akal. Sebab, di kawasan kaki Gunung Merapi adalah pusat dari perkembangan agama Hindu dan Budha.

Dari catatan setidaknya ada ratusan candi Hindu dan Buhda ditemukan di kawasan kaki Gunung Merapi yang masuk wilayah Kabupaten Sleman.

"Dari sekian banyak penemuan bangunan candi paling banyak adalah candi Hindu," tambah Tri.

Sementara, Yuli Ardiansyah, Humas UII mengatakan buntut penemuan candi, proses pembangunan dihentikan.

"Untuk sementara pembangunan gedung perpustakaan kita tunda untuk berkoordinasi dengan BP3 Yogyakarta," kata dia.

Saat ini lokasi penemuan bangunan candi menjadi tempat lokasi wisata dadakan, baik bagi mahasiswa UII maupun masyarakat yang penasaran ingin melihat bangunan kuno itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar