Jumat, 15 Januari 2010

Menbudpar: Candi di Indonesia, Sarat Akan Nilai dan Warisan Budaya


JAKARTA, KOMPAS.com, Kamis, 14 Januari 2010 - Menteri Budaya dan Pariwisata, Jerowacik yang dalam hal ini diwakilkan oleh Dirjen Sejarah dan Purbakala Kementerian Budaya dan Pariwisata, Hari Untoro Derajat mengatakan, candi yang ada di Indonesia mengandung nilai budaya yang tinggi dan merupakan warisan bersama.

Pemilihan tema pameran ini sangat tepat dan penting, "Menjaga Warisan Umat". Candi di Indonesia merupakan simbol dari puncak-puncak keagamaan, Prambanan sebagai Candi Hindu, Borobudur sebagai Candi Buddha. Kedua Candi ini masih berdiri kokoh dan mensimbolkan toleransi beragama, ucap Jerowacik melalui Dirjen Sejarah dan Purbakala Kementerian Budaya dan Pariwisata, Hari Untoro Derajat dalam acara pembukaan pameran Candi Prambanan dan Candi Sewu "Menjaga Warisan Umat Manusia" di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (14/1/2010).

Jerowacik juga berpesan agar kebesaran nilai dari Candi Prambanan dan Candi Sewu harus terus dijaga, upaya pelestarian Candi ini harus terus menerus diperhatikan.

Dalam pembukaan pameran kai ini, penonton juga disuguhi sendratari Ramayana yang biasa dipertunjukan pada setiap bulan Purnama di Candi Prambanan. Dalam pameran ini juga dipamerkan batu candi asli yang digunakan untuk membuat candi dari abad ke 9 maupun replika batu candi yang dibuat sesudah abad 9.

"Kami mendatangkan 2 ton batu asli Candi yang berasal dari Candi Prambanan, Candi Sewu, dan umurnya sudah lebih dari 1000 tahun," ucap Junus Satrio Atjmodjo, Direktur Peninggalan Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Dia juga menambahkan, candi itu sesungguhnya bukan milik bangsa Indonesia semata, karena hakikatnya candi itu merupakan warisan dan yang namanya warisan itu bukan milik hanya bangsa tetapi milik umat manusia.

Sedangkan pidato dari wakil pimpinan harian Kompas Gramedia, St Sularto mengatakan bahwa dengan pameran ini kita diingatkan kembali akan nilai sebuah peradaban. "Kita layak bangga akan Candi prambanan dan Candi Sewu," ucap Sularto.

Pameran Candi Prambanan dan Candi Sewu "Menjaga Warisan Umat Manusia" berlangsung dari tanggal 15 Januari 2010 - 24 Januari 2010 di Bentara Budaya Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar