Senin, 11 Januari 2010

Pemetaan Ulang Kanal Majapahit


MOJOKERTO, Senin, 23 November 2009 - Tim evaluasi Pusat Informasi Majapahit akan melakukan pemetaan ulang kawasan kanal kuno Kerajaan Majapahit di Situs Trowulan mulai 3 Desember mendatang. Salah seorang anggota tim evaluasi PIM Osrifoel Oesman, Senin (23/11) mengatakan kawasan seluas 4 kilometer x 5 kilometer yang termasuk kawasan meso akan dipetakan lagi.

Hal itu penting mengingat kondisi kanal-kanal kuno itu pada saat ini yang sudah hilang dan berganti dengan areal persawahan. Padahal, detail soal teknik mengagumkan soal manajemen air yang mengantarkan Majapahit jadi kerajaan paling digdaya se-Nusantara tersimpan dalam desain kanal-kanal kuno itu.

Ketua tim evaluasi PIM Prof. Mundardjito menambahkan, kana-kanal kuno itu merupakan bukti nyata betapa hebatnya sistem pengelolaan air yang dimiliki.

Sementara itu, sayembara rancang ulang Pusat Informasi Majapahit atau PIM di Situs Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jatim yang sebelumnya dinyatakan dibuka hingga 25 November, diperpanjang menjadi 2 Desember mendatang. "Ini dilakukan untuk lebih memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta sayembara," tutur Osrifoel.

Hingga saat ini, imbuh Osrifoel, sudah masuk hingga belasan karya yang akan disayembarakan. Sayembara tersebut dikhususkan bagi anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang sudah bersertifikat madya yang aktif dan telah melunasi iuran keanggotaan hingga 2009.

(KOMPAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar