Jumat, 29 Januari 2010

Abu Jenazah Mahatma Gandhi Akan Disebar


JOHANNESBURG, (Okezone), 29 Januari 2010 - Abu jenazah dari Mahatma Gandhi yang masih tersisa, akan disebar oleh pihak keluarga di perairan Afrika Selatan. Sebelumnya sisa dari abu jenazah tokoh ternama tersebut disimpan oleh teman dari keluarga Gandhi selama puluhan tahun.

Setelah peristiwa penembakan yang menyebabkan kematian Gandhi pada 30 Januari 1948 lalu, jenazah tokoh perdamaian ini dikremasi menurut ajaran Hindu. Umumnya abu jenazah akan disebar disungai atau dilaut beberapa hari setelah dikremasi.

Tetapi khusus untuk Gandhi, abu jenazahnya dipisah dalam bentuk kecil dan kemudian dikirim ke India dan beberapa negara, agar pengikut Gandhi dapat melakukan prosesi penyebaran abu jenazahnya. Demikian diberitakan AFP, Jumat (29/1/2010).

Ternyata satu bagian kecil abu jenazah yang dibawa ke Afrika Selatan tidak seluruhnya disebar. Teman dari keluarga Gandhi, Vilas Mehta yang membantu pelaksanaan upacara penyebaran abu jenazah di Afrika Selatan, ternyata menyimpan sebagian kecil abu Gandhi untuk menjadi kenangannya.

"Dia (Mehta) memutuskan untuk mengambil sedikit abu jenazah itu dan menyimpannya sebagai kenangan, tanpa mengetahui hal tersebut melanggar aturan Hindu yang sudah ditentukan," menurut cucu dari Mahatma Gandhi, Ela Gandhi.

"Saat Mehta meninggal, menantunya memutuskan mengembalikan abu jenazah tersebut kepada keluarga," lanjut Ela Gandhi yang menetap di Afrika Selatan.

Hingga temuan di Afrika Selatan, keluarga dari Mahatma Gandhi tidak mengetahui apakah masih ada abu jenazah Gandhi yang tersisa di negeri Nelson Mandela tersebut. Namun banyaknya bagian-bagian kecil dari abu jenazah Gandhi yang disebar ke seluruh dunia pada 1948 lalu, menyebabkan keluarga tidak mengetahui apakah masih ada orang lain yang menyimpan abu tersebut.

Terakhir kali abu jenazah Gandhi disebar di Mumbai dua tahun lalu. Selama puluhan tahun sisa dari abu jenazah tersebut disimpan oleh seorang anak Gandhi sebelum diberikan ke museum. Atas permintaan keluarga, abu jenazahnya tersebut akhirnya disebar di Laut Arab. (faj)(rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar