Senin, 25 Januari 2010

Menyaksikan Kegaiban Ilmu Kebatinan Perguruan Sandhi Murti Pimpinan I Gusti Ngurah Harta

Istirahat 15 Tahun, Siapkan Diri Berubah Jadi Sepeda Motor

Energi biolistrik dan kekuatan api memang bisa dibangkitkan dari dalam tubuh. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya. Namun, mereka yang tekun melatih pernapasan dengan dasar ilmu kebatinan diyakini pasti bisa. Tapi mengapa Ngurah Harta tiba-tiba saja mempertujukkan "kedigdayaannya" itu kepada umum?

---

RADAR BALI, 25 Januari 2010 – Setelah lampu menyala pun banyak hadirin masih tertegun. Seolah mereka belum tersadar bahwa apa yang disaksikannya sudah usai. Hadirin baru saling tanya setelah Ngurah Harta dan Valeria beranjak dan mengajak kembali duduk lesehan sambil diskusi. Tubuh Ngurah Harta yang hanya dililit kain poleng masih tampak bermandi peluh. Banyak pengunjung yang berkerumun mendekati kameramen televise untuk melihat bara merah delima yang sempat menyala di kegelapan.

Menurut Ngurah Harta, ilmu pengetahuan telah mengajarkan bahwa lampu bisa menyala akibat gesekan energi negatif dan positif. Pun demikian kekuatan api dalam tubuh. "Kalau ditanya mengapa lampu neon bisa menyala di telapak tangan, Anda juga bisa saksikan fenomena petir yang sering terlihat di musim hujan," ungkap Turah -sapaan Ngurah Harta, sambil menunjuk ke langit. Demikianlah tubuh juga bisa menghasilkan energi listrik dan aura cahaya yang luar biasa.

Sebenarnya urai dia, Thomas Alfa Edison sang penemu listrik adalah orang yang mampu mengaktulisaikan fenomena ini dalam bentuk temuan yang kemudian diwujudkan dalam bentuk teknologi kelistrikan. Padahal para Rsi dan Empu di zaman kerajaan nusantara ini juga telah memiliki kemampuan yang dahsyat belajar pada rahasia langit dan menekuni kebatinan. Bahkan disebutkan sebelum Edison mengumumkan temuannya. Kekuatan makro kosmis bisa dihasilkan dari alam. Sedang mikro kosmis dapat lahir dari sumber energi dalam tubuh. Pertujukan itu merupakan kesempatan langka bagi kaum awam khususnya mereka yang belum paham ilmu kebatinan. Ngurah Harta pun mengakui hal itu. "Ya memang ini kesempatan pertama setelah tiang 15 tahunan istirahat," ungkap sosok yang rumahnya pernah menjadi tempat perlindungan awak redaksi Majalah Playboy Indonesia dari serbuan kelompok radikal Front Pembela Islam (FPI) pimpinan Habib Rizieq, beberapa tahun lalu ini.

Beberapa muridnya juga membenarkan hal itu. "Ini Turahnya tumben memperlihatkan wisesa-nya (kedigdayaan)," sela seseorang di tengah kerumunan. Ketekunan dan konsistensinya membina ilmu kebatinan yang dipimpinnya, ternyata telah menyebar keseantero jagat planet ini. Hingga saat ini sudah puluhan murid-murid Ngurah Harta dari berbagai belahan dunia. Baik dari daratan Asia, Eropa dan Amerika. Salah seorang muridnya yang disebut paling rajin menekuni kebatinan di perguraun Sandhi Murti ini adalah Valeria Petkova. Wanita ini adalah mahasiswa pasca sarjana di Bulgaria. Dia mengaku dating jauh-jauh dari Bulgaria karena penasaran ingin mendalami ilmu kebatinan versi Ngurah Harta.

Valeria sendiri mengaku bergabung dengan Perguruan Sandhi Murti sejak Maret 2009 lalu. Katanya, dia diperkenalkan oleh teman-temannya tentang Sandhi Murti. Kebetulan Valeria adalah mahasiswa yang tengah menekuni ilmu saraf dan psikologi. Valeria menjelaskan, masyarakat Bulgaria dan Eropa umumnya lebih pragmatis dan kurang percaya hal-hal yang mistis dan magis. Valeria mengaku hanya menempelkan telapak tangannya ke lampu neon yang kemudian menyala layaknya listrik itu.

"Saya merasa seperti kena setrum saat neon itu menyala," terang Valeria. Itu menurutnya, menjadi fakta betapa ilmu kebatinan itu terbukti mampu menghasilkan energi yang luar biasa. Karena itulah dirinya bersemangat untuk mendalami bersama teman-teman dari luar negeri lainnya.

Pertujukan itu merupakan kesempatan langka bagi kaum awam khususnya mereka yang belum paham ilmu kebatinan. Ngurah Harta pun mengakui hal itu. "Ya memang ini kesempatan pertama setelah tiang 15 tahunan istirahat," ungkap sosok yang rumahnya pernah menjadi tempat perlindungan awak redaksi Majalah Playboy Indonesia dari serbuan kelompok radikal Front Pembela Islam (FPI) pimpinan Habib Riziq, beberapa tahun lalu, ini. Beberapa muridnya juga membenarkan hal itu. "Ini Turahnya tumben memperlihatkan kewisesan-nya (kedigdayaan)," sela seseorang di tengah kerumunan..

Ketekunan dan konsistensinya membina ilmu kebatinan yang dipimpinnya, ternyata telah menyebar keseantero jagat planet ini. Hingga saat ini sudah puluhan murid-murid Ngurah Harta dari berbagai belahan dunia. Baik dari daratan Asia, Eropa dan Amerika. Salah seorang muridnya yang disebut paling rajin menekuni kebatinan di perguraun Sandhi Murti ini adalah Valeria Petkova. Wanita ini adalah mahasiswa yang saat ini studi di bidang neuroscience untuk gelar PhD di Karolinska Institute, Swedia.

Dia mengaku datang jauh-jauh dari Bulgaria karena penasaran ingin mendalami ilmu kebatinan versi Ngurah Harta, berkaitan pula dengan studi yang sedang ditekuninya. Beberapa sumber menyebut, dasar ajaran kebatinan yang dianut Ngurah Harta adalah dari kitab Kanda Pat, mirip pergurian kebatinan Dharma Murti, pimpinan Pan Putu. Sumber lain menyebut, kitab Kanda Pat dan kidung Sebun Bangkung merupakan himpunan ajaran kebatinan Dang Hyang Nirartha, dimasa silam. Empu Nirartha memang dikenal sebagai sosok orang sakti. Konon, bau badannya harum, selain balian (penyembuh) mumpuni. Bahkan disebut-sebut mampu "menghidupkan" kembali orang mati. Itu sebabnya tokoh ini dijuluki Pedanda Sakti Wau Rauh atau sang pendeta sakti yang baru datang.

Valeria sendiri mengaku bergabung dengan Perguruan Sandhi Murti sejak Maret 2009 lalu. Katanya, dia diperkenalkan oleh teman-temannya tentang Sandhi Murti. Kebetulan Valeria adalah mahasiswa yang tengah menekuni ilmu saraf ini. Valeria menjelaskan, misteri medan energi dalam tubuh manusia menarik untuk diteliti.

Meski begitu, lagi-lagi Ngurah Harta selaku pimpinan perguruan menekankan, bahwa apa yang dilakukannya Rabu malam itu hanyalah refreshing dan hiburan karena terlalu banyaknya persoalan serius melanda negeri, termasuk di Bali. Seperti blunder kasus bank Century dan memanasnya tensi politik di Tabanan. Tapi mengapa mendadak memilih malam itu untuk mempertunjukkan kemampuan itu?. "Sebenarnya kan karena menjelang kajeng kliwon," jawab Ngurah Harta, sambil tersenyum.

Toh demikian Ngurah Harta akan membuat pertunjukan yang lebih serius lagi dari sekadar hiburan itu. "Nanti tiang coba menjadi sepeda motor seperti Harley Davidson," janjinya. Kapan itu?. "Nanti tiang kabarkan lagi," tukasnya, singkat. Namun catatnya, pertunjukan yang serius nanti bertujuan untuk kegiatan sosial dan kemanusian. Misalnya, dikarciskan yang hasilnya bisa untuk membantu masyarakat yang tengah kesusahan atau dilanda bencana.

(M. RIDWAN, Denpasar)

10 komentar:

  1. Om Swastyastu,

    Saya adalah simpatisan Perguruan Sandhi Murti...alangkah indahnya (sundaram) jika berkenan membuat pertunjukan lagi sehingga Kedigjayan berguna untuk kemanusiaan (keindahan kemanusiaan)dan tidak untuk disalahgunakan seperti yang tyang alami selama 38 Tahun (sejak lahir)

    saya juga sangat setuju sekali jika dibentuk semacam organisasi, yaitu : ORGANISASI LEAK INDONESIA (OLI) - sehingga keberadaan leak di Bali juga dapat menarik wisatawan ataupun ilmuwan yang ingin membuktikan kegaiban Bhuawan Alit manusia

    Om Shanti Shanti Shanti

    I Putu Oka Suyasa
    0366-23346 / 081236159688

    BalasHapus
  2. saya tertarik ingin mempelajari ilmu kebatinan dan ingin bergabung dgn perguruan sandhi murti ini......

    apakah d jembrana ada abangnya??? mengingat saya tinggal d negare....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggota di Daerah Jembrana sebenarnya sangat banyak,tetapi mereka achirnya surut latihan karena termakan oleh isu negatif yang disebarkan oleh orang2 tertentu tentang Sandhi Murti,sebabnya karena saudara2 kita dijembrana masih trauma dengan peristiwa tahun 1965 mengenai partai politik,sebab Sandhi Murti berkembang didaerah jembrana tahun 1996,saat Orba sangat ketat dengan bentuk2 organisasi yang berkembang. kalau seandainya tertarik silahkan anda datang ke Jln Tukad Citarum P Nomer 2 Panjer Denpasar Bali.

      Hapus
  3. OM SWASTYASTU,TYANG dr singaraja,tyang tertarik ajaran ilmu sandi murti,,di singaraja wenten nggih,,cabangnya,,tuk ikut bergabung blajar ilmu sandi murti,,suksma aturang tytiang,,,OM SHATI SHANTI SHANTI OM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Singaraja wenten,Coba anda mampir ke Tinga-tinga Gerogak dan kontak dengan Ngurah Parta warga Asli Tinga-Tinga,nanti beliaunya akan mengarahkan anda. suksme.

      Hapus
  4. om swastiastu tiang komang dari denpasar...tiang sangat tertarik belajar sandhi murti...dimana saya harus belajar ..suksme

    BalasHapus
  5. Yaning ring Gianyar wenten cabang Sandhi Murti nggih, suksma ?

    BalasHapus
  6. Om Swastiastu...
    Yening jagi sareng melajah, sapunapi syaratne Tu Rah?, Turmaning ring Karangasem wenten cabangne ten? titiang wayan
    Suksma
    Om Santih, Santih, Santih, Om

    BalasHapus
  7. om suwasti astu.
    tyang dari lampung apakah dilampung ada cabang sandhi murti tu rah?
    soal nya didaerah kami dulu ada awik awik peradah untuk pemuda nya sedikit banyak bisa silat bali, karna di lampung barat tempat saya tidak ada yang nama nya silat atau bahkan tari balipun punah.
    suksma
    om santih,santih,santih, om

    BalasHapus
  8. Swastiastu, sy nyoman ϑα®ɪ̇ jakarta ingin belajar kebatinan sandi murti utk melindungi keluarga, jika boleh adakah cabangny d jakarta? Dan apa syaratny?

    BalasHapus