Senin, 01 Februari 2010

Lantai Candi di Kampus UII Harus Diangkat


YOGYAKARTA, (okezone), 31 Januari 2010 – Lantai dasar Candi Kimpulan atau Pustakasala yang terletak di kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, harus diangkat. Hal ini perlu dilakukan untuk mencari datadata yang masih belum terungkap.

”Lantai dasar candi di bagian- bagian tertentu harus diangkat. Hal ini sangat penting untuk menunjang keilmuan dan ilmu pengetahuan atas candi tersebut,” ujar Guru Besar Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya UGM Prof Timbul Haryono, kemarin.
Menurutnya di bawah lantai candi kemungkinan terdapat kotak pripih (jimat) yang biasanya berisi logam mulia, batu mulia, biji-bijian, serta mantra-mantra. Dari inskripsi atau tulisan di dalam lembaran logam mulia atau emas terdapat mantra dan keterangan untuk siapa bangunan tersebut di buat. ”Seperti di Candi Sambisari, terdapat pripih yang di dalamnya terdapat berbagai macam benda. Dulunya sebagai sesaji dalam pembangunan candi Hindu dan berada di bawah salah satu umpak. Dalam lembaran emas juga terdapat mantra dan tujuan pembangunan candi untuk dewa siapa,” kata Timbul. Arkeolog Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta Budhy Sancoyo menyatakan, pihaknya akan membuka lantai candi awal Februari mendatang. ”Kita memang akan membuka lantai tersebut. Kita akan mencari inskripsinya serta rahasia keilmuan lainnya,” ujarnya. Untuk perluasan pencarian titik halaman, hal itu juga akan dilakukan dalam tahap yang sama. Menurutnya, BP3 saat ini sudah menemukan tiga titik berbentuk lingga patok. Kemudian akan dicari enam titik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar