Jumat, 05 Maret 2010

Berebut Sumbangan, 63 Orang Tewas di Kuil

Liputan6.com, Lucknow: Ternyata tidak hanya di Indonesia saja, pembagian sembako gratis berujung maut. Di India pembagian sumbangan juga dapat mematikan. Menurut pejabat senior pemerintah India jumlah korban tewas akibat berebut sumbangan di sebuah kuil mencapai 63 orang dan puluhan lainnya terluka akibat terinjak. Demikian dirilis Associated Press, Kamis (4/3).

Pejabat setempat, Ashok Kumar, mengatakan kerumunan ribuan orang yang berdesakan juga menyebabkan gerbang di kompleks candi di Kunda, roboh. Sementara, Brij Lal, pejabat kepolisian setempat kedatangan ribuan warga miskin di kuil untuk menerima paket sedekah yang berisi pakaian dan beberapa peralatan, dalam upacara peringatan kematian istri pemimpin spritual Hindu, Kripalu Maharaj.

Sumber Associated menyebutkan pembagian sedekah berujung maut di kuil di India, merupakan hal lumrah. Di daerah terpencil dan tidak memiliki fasilitas untuk mengontrol pertemuan besar, ratusan hingga ribuan orang yang berkumpul berdesakan dapat menyebabkan kematian. Sumber kantor berita Perancis AFP menyebutkan, setidaknya 220 orang tewas terinjak di kuil Hindu, Mehrangarh Fort, di kaki gunung Himalaya, 2008 lalu.(AYB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar